Sabtu, 01 Oktober 2011

perkembangan linux saat ini

Nama :Sulistyaningsih
Kelas :1ka20
NPM :16111933



Linux merupakan sistem operasi populer dan merupakan contoh terbaik dan banyak digunakan.mungkin linux dikenal sistem operasi yang lumayan sulit bagi para awam dibandingkan dengan windows.Untuk lebih mengenal linux,maka kita lihat uraian perkembangan linux sekarang.


PERKEMBANGAN LINUX PADA SAAT INI Distribusi linux yang sering di sebut dengan distroadalah sebuah proyek yang bertujuan untuk mengatur sebuah kumpulan perangkatlunak yang berbasis linux dan memfasilitasi instalasi dari sebuah sistem operasi linux. Distribusi tak hanya ditangani individu tetapi juga tim, organisasi sukarelawan dan perusahaan komersial. Distribusi linux memiliki perangkat lunax sistem dan aplikasi dalam bentuk paket-paket dan perangkat luna Linux termasuk sistem operasi yang perkembangannya paling cepat.Semua ini tidak lepas dari sejumlah kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang selalu memperbaiki fitur-fitur linux.Selain itu,banyak pengembang yang bekerja memindahkan berbagai aplikasi ke linux.


Walaupun Linux secara umum tersedia secara gratis, beberapa perusahaan besar menjalani model bisnis yang terdiri dari penjualan, dukungan dan kontribusi terhadap Linux dan perangkat lunak bebas; ini termasuk Dell, IBM, HP, Sun Microsystems, Novell, dan Red Hat. Lisensi perangkat lunak bebas di mana digunakan Linux secara eksplisit mengakomodasi komersialisasi; hubungan antara Linux dan vendor-vendor individual dapat dilihat sebagai suatu simbiosis. Satu model bisnis yang umum dari pemasok komersial yaitu dengan mengenakan biaya atas dukungan khususnya terhadap pengguna-pengguna kalangan bisnis. Sejumlah perusahaan menawarkan versi bisnis dari distribusi Linux mereka, antara lain berupa dukungan atas paket-paket tak bebas dan alat bantu untuk mengatur sejumlah besar instalasi atau untuk memudahkan tugas-tugas administratif. Model bisnis yang lain adalah dengan memberikan perangkat lunak secara gratis untuk penjualan perangkat keras.



Perkembangan pasaran linux dalam komputer desktop masih kecil tetapi semakin berkembang.Menurut Lembaga Penyelidikan Pasaran IDC (International Data Corporation), besar pasaran bagi Linux pada tahun 2002 adalah 25% bagi pasaran server, dan 2.8% bagi pasaran Komputer pribadi.


Masalah yang dialami linux pada dulu adalah interface yang berupa text(text based interface). Ini membuat orang awam tidak tertarik menggunakan Linux karena harus dipelajari terlebih dahulu untuk dapat dimengerti cara penggunaannya (tidak user-friendly). Tetapi keadaan ini sudah mulai berubah dengan kehadiran KDE dan GNOME. Keduanya memiliki tampilan desktop yang menarik sehingga mengubah persepsi dunia tentang Linux. Linux di negara-negara berkembang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harga perangkat lunak (misalkan sebuah sistem operasi) bisa mencapai US $100 atau lebih. Di negara yang rata-rata penghasilan per tahun adalah US $200-300, US $100 sangatlah besar. Dengan adanya Linux, semua berubah. Karena Linux dapat digunakan pada komputer yang kuno, dia menjadi alternatif cocok bagi komputer beranggaran kecil. Di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, Linux adalah jalan keluar bagi penggemar komputer. Bagi mereka yang biasa menggunakan Windows atau Macintosh, Linux mungkin kelihatan lebih sukar disebabkan perbedaan dalam melakukan berbagai sistem kerja komputer. Dan lagi, pengguna perlu menukar program yang sering digunakan, disebabkan program tersebut tidak didapati dalam Linux. Faktor lain adalah sifat ragu-ragu pengguna yang merasa susah untuk melepaskan sistem operasi yang sudah mereka pakai. Faktor-faktor ini menyebabkan perkembangan Linux yang agak lambat.

Walau bagaimanapun, kelebihan Linux seperti biaya rendah, sekuritas yang lebih aman, dan tidak bergantung pada vendor, telah meningkatkan penggunaan yang luas di kalangan korporasi dan perkantoran (Marcinkowski, 2003). Hal ini dikarenakan pengguna Linux diberi hak seluas-luasnya untuk mengembangkan kemampuan dari Linux itu sendiri. Sehingga efeknya adalah semakin banyak distribusi Linux yang beredar dari berbagai vendor (Chandra Adi Putra, 2008).


Karena masalah ini pula, maka banyak para pengguna komputer terkadang merasa bingung dengan kurangnya informasi-informasi yang didapat mengenai segala macam distro Linux, khususnya yang telah berkembang sampai saat ini. Sehingga dari semakin berkembangnya Linux, sangat dibutuhkan membuat suatu aplikasi interaktif yang menginformasikan berbagai macam sistem operasi Linux yang sudah terkenal di seluruh dunia menurut versi www.distrowatch.com untuk keperluan desktop sekaligus sebagai media informasi dan pengetahuan sistem operasi Linux.


Sumber : http://kazuyainfo.blogspot.com/2011/04/tugas-artikel-perkembangan linux.html
http://ikc.unimal.ac.id/umum/ibam/ibam-os-html/i7.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...