Senin, 15 April 2013

proposal usaha


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan             : Bocare
Alamat perusahaan           : Jl. Margonda  Raya No 101 Depok, Jawa Barat
No. Telp                           :(021) 222809
1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik 
:
Sri Rahmayanti
Alamat pemilik
:
jl. kelapa dua, Cimanggis, Depok
No. Telp
:
087711334445
1.3.  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama 
:
Sulistyaningsih
Alamat
:
jl. Margonda Raya, kemiri muka , Beji, Depok
No. Telp
:
087700112233
1.4.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka kosmetik serta produk kecantikan yang pastinya cocok dengan selera masyarakat Indonesia khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan kosmetik bagi masyarakat, supaya lebih mudah mendapat produk ini
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.




















BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhanmasyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan kosmetik dan produk kecantikan, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha  dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Margonda merupakan jantung kota yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat kota Depok tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari produk kecantikan  ataupun kebutuhan lainnya yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan nutrisi kulit.
Dijaman modern seperti sekarang ini produk kecantikan sangatlah dibutuhakan, tidak dipungkiri kita semua memerlukan kosmetik untuk mempercantik dan juga untuk menutrisi kulit.
Perusahaan Bisnis kosmetik ini berdiri atas kerjasama serta keinginan enak anak perempuan yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang kosmetik, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang kecantikan, enam generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha yang dinamakanBocare yang berdiri di kota Depok, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan kosmetik dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
  Bocare didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang kecantikan, kosmetik tidak hanya untuk mempercantik saja namun juga beguna untuk menyehatkan dan menutrisi kulit.

2.2.   Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal kecantikan  untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto  :” Care your body with Body Care”

Logo perusahaan
My Photo

2.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di jl. Margonda Raya  karena berada Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama  yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

2.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan(denah lokasi)
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 5m x 4m.
2.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha  ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 20.00.

2.6.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Bocare akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

2.8.   Target Pelanggan
Target pelanggan  ini adalah : seluruh kalangan masyarakat khusunya permpuan. Mereka adalah pengguna kosmetik dan produk kecantikan.


BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan,  dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar depok pada saat ini sangat besar.
3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha outlet ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Bocare membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari outlet,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan outletuntuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan











BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan kosmetik lainnya sehingga menghabiskan sampai 4 lusin produk dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh perempuan.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan beraneka jenis produk.

Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat

4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha outlet ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan Bocare yang berada di jl margonda, beji, depok,Jawa Barat. Distro ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.


4.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
   Pemilik                                               :     Sri Rahmayanti
   Penanggung Jawab                           :     Sulistyaningsih
   Sekretaris                                           :     Siti sharifah murniastuti
   Bendahara                             :     Febri lestari tuasikal
   Konsultant kecantikan         :     Virgian riani putri
   Karyawan                              :      Ningrum tania widayu
                                                          Pretty cicilia
                                                          Nadia noviani
                                                          Indira zahra putri



    
BAB V

5.1.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.


BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No
Jenis Produk
Harga
1
parfum
50.000-500.000
2
sabun
25.000-150.000
3
Lotion
30.000-100.000
4
Make-up
250.000-1.000.000
5
shampo
20.000-500.000
6
lulur
30.000-150.000
7
Hair mask
100.000-500.000
8
Face mask
200.000-500.000

6.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.  
6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
•         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
•         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
•         Membuat catalog-katalog mengenai kosmetik




















BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1.   Struktur Organisasi
Struktur organisasinya yaitu :


7.2.   Job Description
Ø   Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
Ø  Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
Ø    Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
Ø     Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di outlet dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
Ø     Karyawan bertugas melayani para pelanggan  dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
Ø  Konsultant kecantikan bertugas memberi saran tentang tips perawatan pada pelanggan dan konsumen


7.3.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan Bocare yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik outlet.


BAB VIII
RISIKO
8.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
    Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan produk-produk baru.
8.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya  outlet-outlet yang menjual kosmetik dengan lebih mudah dan murah ataupun outletyang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi outlet lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.

BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Bocare yaitu dari pemilik usaha sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   20.000.000,-
Kulakan kosmetik
Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp.   60.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi
Rp. 685.000.000,-
2.      Biaya lain-lain
         Listrik                                                    Rp. 12.000.000,-
         Asuransi                                                 Rp. 11.000.000,-
         Transportasi                                           Rp.   6.500.000,-
         Administrasi                                          Rp.   4.500.000,-
         Pajak                                                      Rp.   2.750.000,-
         Pemeliharaan gedung dan peralatan      Rp.   6.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                            Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                     Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                        Rp.   42.750.000,-    +
Total                                                                  Rp. 667.250.000
9.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk outlet kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
9.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 60.000.000,-
Jumlah
Rp. 67.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan kosmetik
Rp. 600.000.000,-
Jumlah
Rp. 600.000.000,-
Biaya-biaya lain
1.   Listrik                                           
2.   Asuransi                                       
3.   Transportasi          
4.   Administrasi
5.   Pajak                    
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp.   6.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 703.700.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 960.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 256.300.000,-



BAB X
APENDIKS
Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1.      Daftar Harga dari Pemasok Barang
2.      Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  






























DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA DEPOK
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : _____________
1.      Nama Perusahaan                                     :Bocare
2.      Merek (milik sendiri/lisensi)                     :Bocare
3.      Alamat Kantor Perusahaan                      :  jl.margonda raya, beji, depok
4.      Nama Pemilik/ penanggung Jawab          : sri rahmayanti
5.      Alamat Pemilik/ Penanggung Jawab        : jl.margonda raya, beji, depok
6.      Nomor Pokok wajib pajak (NPWP)         :  1.201.409.8-424
7.      Bidang Usaha ; Barang/ Jasa                   :  Barang
8.      Nilai Investasi Perusahaan Seluruhnya    : Tidak termasuk tanah dan bangunan Tempat usaha
9.      Jenis Kegiatan usaha                                :  Perdagangan
10.  Jenis barang/ jasa dagangan Utama         :  Kosmetik
TDUP ini diterbitkan dengan ketentuan :
Pertama
:
Tanda daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
Kedua
:
pemilik/ Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
Ketiga
:
Tidak berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka komoditi,    kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan berjangka komiditi ketentuan  perundang-undangan yang berlaku
Dikeluarkan di                        : Depok
Pada Tanggal              : 12 Maret 2012
Ka .  Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan                    :
1.            Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
2.            Inspektur jenderal depperindag
3.            Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
4.            Ka. Pusdatin depperindag
5.            Ka. Kanwil depperindag
6.            Pertinggal

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...