BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan :
Bocare
Alamat
perusahaan :
Jl. Margonda Raya No 101 Depok, Jawa Barat
No.
Telp :(021)
222809
1.2. Nama dan Alamat Pemilik
Nama
pemilik
|
:
|
Sri Rahmayanti
|
Alamat
pemilik
|
:
|
jl. kelapa
dua, Cimanggis, Depok
|
No. Telp
|
:
|
087711334445
|
1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
|
:
|
Sulistyaningsih
|
Alamat
|
:
|
jl.
Margonda Raya, kemiri muka , Beji, Depok
|
No. Telp
|
:
|
087700112233
|
1.4. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual berbagai aneka kosmetik serta produk
kecantikan yang pastinya cocok dengan selera masyarakat Indonesia khususnya
untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang
kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan
pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami
melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan
perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan kosmetik bagi masyarakat, supaya lebih mudah
mendapat produk ini
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin
tingginya kebutuhanmasyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan
dengan kebutuhan kosmetik dan produk kecantikan, maka kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Margonda merupakan jantung kota
yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat kota Depok tersebut
adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju
dan modern. Mereka seringkali mencari produk kecantikan ataupun
kebutuhan lainnya yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan nutrisi kulit.
Dijaman modern seperti sekarang ini
produk kecantikan sangatlah dibutuhakan, tidak dipungkiri kita semua memerlukan
kosmetik untuk mempercantik dan juga untuk menutrisi kulit.
Perusahaan Bisnis kosmetik ini berdiri
atas kerjasama serta keinginan enak anak perempuan yang memiliki hobi dan
kegemaran yang sama dalam bidang kosmetik, karena sering bertemu dalam berbagai
kegiatan di bidang kecantikan, enam generasi muda ini mencetuskan mendirikan
sebuah usaha yang dinamakanBocare yang berdiri di kota Depok, kota yang
memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota
lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan kosmetik dalam
yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Bocare didirikan untuk
mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang kecantikan, kosmetik
tidak hanya untuk mempercantik saja namun juga beguna untuk menyehatkan dan
menutrisi kulit.
2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi
masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
kecantikan untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang
baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :” Care your body with Body Care”
Logo perusahaan
2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat
yang strategis di jl. Margonda Raya karena berada Pusat Kota, lokasi
mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang
masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan(denah lokasi)
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada
awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit,
yakni 1 ruangan ukuran 5m x 4m.
2.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan
pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 09.00 pagi
sampai dengan pukul 20.00.
2.6. Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang
perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat
advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas
dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami
optimis Bocare akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target Pelanggan
Target pelanggan ini adalah :
seluruh kalangan masyarakat khusunya permpuan. Mereka adalah pengguna kosmetik
dan produk kecantikan.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang
bergerak di bidang perdagangan, dengan lokasi yang strategis, maka
kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan
akan fashion di kalangan masyarakat terutama
sekitar depok pada saat ini sangat besar.
3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey
yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha
outlet ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan
suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Bocare membidik pasar kelas
menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas
dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen
pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini
dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan
permintaan pakaian dapat dipenuhi dari outlet,akan tetapi dengan
semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan outletuntuk
memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong
kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan kosmetik lainnya sehingga
menghabiskan sampai 4 lusin produk dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh perempuan.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki
beberapa keunggulan:
o Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan beraneka
jenis produk.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan,
diantaranya :
o Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o kualitas produk terjamin
o sesuai dengan selera masyarakat
4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha outlet ini
kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh
terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan
sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan Bocare yang berada di jl
margonda, beji, depok,Jawa Barat. Distro ini sudah memenuhi
persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu
jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan
sudah lancar.
4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik : Sri Rahmayanti
Penanggung
Jawab : Sulistyaningsih
Sekretaris : Siti sharifah
murniastuti
Bendahara : Febri lestari tuasikal
Konsultant
kecantikan : Virgian riani putri
Karyawan :
Ningrum tania widayu
Pretty cicilia
Nadia noviani
Indira zahra putri
BAB V
5.1. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya. Sehingga dengan
begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun
konsumen yang membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau
oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya
kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
parfum
|
50.000-500.000
|
2
|
sabun
|
25.000-150.000
|
3
|
Lotion
|
30.000-100.000
|
4
|
Make-up
|
250.000-1.000.000
|
5
|
shampo
|
20.000-500.000
|
6
|
lulur
|
30.000-150.000
|
7
|
Hair mask
|
100.000-500.000
|
8
|
Face mask
|
200.000-500.000
|
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif,
diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan
lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam
menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
• Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat
catalog-katalog mengenai kosmetik
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1. Struktur Organisasi
Struktur organisasinya yaitu :
7.2. Job Description
Ø Pemilik usaha
bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari
hasil usaha.
Ø Sekretaris bertugas
untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
Ø Bendahara
bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
Ø Penanggung
jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi
di outlet dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam
melayani pelanggan.
Ø Karyawan
bertugas melayani para pelanggan dengan
menerapkan prinsip pelayanan prima.
Ø Konsultant kecantikan bertugas
memberi saran tentang tips perawatan pada pelanggan dan konsumen
7.3. Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini
terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat
pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut
profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis
ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan
Bocare yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik
outlet.
BAB VIII
RISIKO
8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength
(Kekuatan)
1. Bertanggung
jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4. Menjual
produk yang berkualitas
|
Weaknes
(Kelemahan)
1. Persaingan
pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2. Berubahnya
kondisi perekonomian
|
Oportunity
(Peluang)
Dengan
tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing
walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul
di kemudian hari.
|
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang
sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan produk-produk baru.
|
8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa
ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini
disebabkan semakin banyaknya outlet-outlet yang menjual
kosmetik dengan lebih mudah dan murah ataupun
outletyang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan
semakin banyak orang yang mengunjungi outlet lainnya. Sebagai upaya untuk
mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk
yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan
masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus
merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Bocare yaitu dari pemilik usaha sendiri.
Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2. Neraca Permulaan Perusahaan
a) Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
|
Kulakan
kosmetik
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Biaya Soft
Opening dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
|
Biaya gaji
karyawan tahun pertama
|
Rp. 60.000.000
,- +
|
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp.
685.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
Listrik Rp.
12.000.000,-
Asuransi Rp.
11.000.000,-
Transportasi Rp. 6.500.000,-
Administrasi Rp. 4.500.000,-
Pajak Rp. 2.750.000,-
Pemeliharaan
gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp. 42.750.000,- +
Total Rp.
667.250.000
9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk outlet kami proyeksi keuntungan
kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu
menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan
bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah
bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
9.4. Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya
tetap
|
||
1. Penyusutan
gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2. Gaji
pegawai
|
Rp. 60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
Biaya
variable/ produksi
|
||
Kulakan
kosmetik
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya-biaya
lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
BAB X
APENDIKS
Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1. Daftar Harga dari Pemasok Barang
2. Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN
PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA DEPOK
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : _____________
1. Nama
Perusahaan :Bocare
2. Merek
(milik
sendiri/lisensi) :Bocare
3. Alamat
Kantor
Perusahaan :
jl.margonda raya, beji, depok
4. Nama
Pemilik/ penanggung
Jawab : sri
rahmayanti
5. Alamat
Pemilik/ Penanggung
Jawab : jl.margonda raya,
beji, depok
6. Nomor
Pokok wajib pajak
(NPWP) :
1.201.409.8-424
7. Bidang
Usaha ; Barang/
Jasa :
Barang
8. Nilai
Investasi Perusahaan Seluruhnya : Tidak termasuk tanah
dan bangunan Tempat usaha
9. Jenis
Kegiatan
usaha :
Perdagangan
10. Jenis
barang/ jasa dagangan
Utama : Kosmetik
TDUP ini diterbitkan dengan ketentuan :
Pertama
|
:
|
Tanda daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku
untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
|
Kedua
|
:
|
pemilik/ Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan
kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
|
Ketiga
|
:
|
Tidak berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka
komoditi, kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan
yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan berjangka komiditi
ketentuan perundang-undangan yang berlaku
|
Dikeluarkan
di :
Depok
Pada
Tanggal :
12 Maret 2012
Ka . Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan
:
1.
Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
2.
Inspektur jenderal depperindag
3.
Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
4.
Ka. Pusdatin depperindag
5.
Ka. Kanwil depperindag
6.
Pertinggal
logo perusahaan nya mna gan...?
BalasHapus