Selasa, 29 Januari 2013

KOMUNIKASI ORGANISASI

www.gunadarma.ac.id


 PENGERTIAN KOMUNIKASI


Komunikasi dapat dipandangsebagai suatu proses pribadi yang meliputi pengalihan informasi dan input perilaku. komunukasi adalah sesuatu yang orang kerjakan tanpa adanya tindakan tak akan ada komunikasi. komunikasi sangat erat kaitannya dengan hubungan antara pribadi. ia dapat menjadi sangat rumit atau sangat sederhana, sangat formal atau sangat informal, tergantung pada sifat pesan yang disampaikan dan pada hubungan anytara pengirim dan penerima.

komunikasi terdiri dari pengalihan informasi dan pengertian di antara berbagai bagian dan orang dalam suatu organisasi, serta berbagai cara dan media yang terlibat dalam pertukaran komunikasi. oleh karena itu, komunikasi efektif sangat penting bagi keberhasilan suatu organisasi.

ORGANISASI


 

organisasi masa kini cenderung berubah sebagai berikut :
  • organisasi menjadisemakin rumit, baik dalam struktur maupun teknologinya.
  • kondisi ekonomi dan pasar memaksa adanya peningkatan efisien dan mutu produk dan layanan.
  • peraturan pemerintah menurut para manager menafsirkan dampak-dampaknya.
  • mereka bekerja, terutama yang berusia lebih muda mengharapkan lebih banyak dari majikan mereka, bukan hanya gaji yang lebih tinggi, tetpai juga kepuasaan pribadi dan kepuasaan yang lebih besar terhadap pekerjaan.
jadi jelaslah, bila kita mengamati perubahan-perubahan yang sedang terjadi dalam berbagai pada masyarakat kini para manager yang ingin efektif, memerlukan kinerja komunikasi yang tingggi yang belum pernah terdengar sebelumnya.


Beberapa jawaban yang lazim diberikan terhadap perta nyaan 'mengapaberkomunikasi?'
 adalah sebagai berikut :

  • komunikasi mendatangkan efektifitas yang lebih besar
  • komunikasi mendapatkan orang orang untuk terlibat dalam organisasi dan meningkatkan motivasi untuk menghasilkan kinerja yang baik, meningkatkan komitmen terhadap organisasi.
  • komunikasi menghasilkan hubungan dan pengertian yang lebih baik antara atasan dan bawahan, kolega, orang-orang di dalam organisasi dan di luar organisasi.
  • komunikasi mendorong orang-orang untuk mengerti perlunya perubahan. bagai mana seharusnya mereka mengelola perubahan itu.
KOMUNIKASI TOTAL
 


 salah satu masalah besar dalam berkomunikasi adalah karena saluran yang digunakan berbeda-beda dan pada tingkatan yang berbeda-beda pula. itulah mengapa banyak komunikasi yang tidak tepat sasaran. keyakinan, nilai-nilai, dan kerangka referensi pribadi memepengaruhi cara seseorang mengirim dan menerima pesan. hal-hal tersebut membentuk empat saluran komunikasi yang berbeda-beda :
  1. fakta (atau yang kita pandang sebagai fakta, berdasarkan pengalaman pribadi kita).
  2. perasaan, reaksi emosional kita terhadap suatu situasi tertentu.
  3. nilai-nilai keyakinan yang agak sulit diubah mengenai diri kita sendiri, masyarakat dan kebudayaan kita.
  4. opini,sikap pendirian kita dalam suatu situasi tertentu, pandangan yang bersifat subyektif, bukan obyektif.
kita dapat menggunakan semua saluran ini dalam berbagai komunikasi antara pribadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...