Senin, 25 Juni 2012

TULISAN : Manusia dan harapan


Manusia dan harapan
Harapan,semua manusia itu mempunyai harapan. Harapan setiap manusia itu berbeda-beda dan tiap kadarnya berbeda.
Harapan sebuah kata yang simple tapi penuh makna.  Gw bingung mo nulis apaan dari artikel ini,tapi daripada bingung gw mending critain kisah gw tentang harapan.
Gw tu anak kampung dari jawa, waktu sma sih pas mo lulusan sma pada ngomongin mo kuliah dimana and ngambil jurusan apaan, nah pas itu gw galau binti bimbang binti sedih. Yah gitu keluarga gw gag punya duit buat biaya kuliah gw. Gw emang anak bungsu,tapi kalau namanya gag punya duit tetep aja gag bisa kuliah. Yah saat itu gw mikir ujian buat lulus sma dulu lah,sebenarnya sih gw yakin kalau lulus jadi gag cemas-cemas amat  #sok pinter,haha.  Saat menjelang ujian gw malah galau pengen alias ngebet buat kuliah, temen –temen sma gw pada ngomongin kuliah mulu,ampe ni telinga panas ngedengernya.
 “udah gag usah dipikirin,yang penting lulus dulu mikirin gitu tar malah gag lulus lagi”, kata babe gw dengan bijaknya(babe ngomong pake bahasa jawa yg udah gw translate bahasa indonesia). Gw cuman bisa manggut-manggut dalam hati bener jg kata babe gw. Oke singkat crita nih, waktu di kelas, gw galau lg,. temen gw ngomongin kuliah lagi,haduh ngebet banget yah temen-temen gw.
Gw curhat ama temen akrab gw, temen terpinter  dikelas,temen tersholeha di kelas, temen terganteng di kelas, temen ngegosip, tetengga yang sebaya dan guru les gw. Di tempat dan waktu yang berbeda-beda.
Intinya gw minta pendapat mereka tentang nasib dan masa depan gw,kuliah apa engga? Karena gw pengen jadi orang sukses, berpendidikan, dan pendapatan ekonomi biar lebih terjamin. Dan gag nikah muda seperti tetangga-tetangga gw kebanyakan.
“semangat lis,lo pasti bisa kuliah,lo kan pinter cari beasiswa pasti dapet ”,kata temen akrab gw
“yang penting kita lulus dulu,belajar buat UN . gw aja belum mikirin mau lanjut dimana,itu dipikirin kita lulus aja”,kata temen terpinter gw
“kalau bisa kuliah, nanti juga pasti ada jalannya dari Allah,yang penting kita usaha untuk mewujudkannya dan yakin Allah memberi kita yang terbaik dan selalu memohonnya”, kata temen tersholeha gw.
“kuliah , pasti ada jalan keluarnya kok ada beasiswa buat yang gag mampu dan berprestasi ”,kata temen ngegosip
“kuliah,kalua orang tua belum punya duit nanti bisa kuliah tahun depan buat kuliah,kita kerja dulu dan nanti cari beasiswa”,kata guru les gw
Dan kesimpulan  semuanya :
1 gw mikir un dulu,biar lulus dengan nilai bagus
2 gw harus kuliah tapi gag harus tahun ini,yah mungkin gw kerja dulu buat cari tambahan biaya
3 gw usaha buat kuliah dan  nyerahin pada Allah yang terbaik buat gw
4 optimis buat kuliah
Oke harapan gw bisa kuliah !!
Dan gw ngebet banget buat kuliah
Sebagai bokap yang baik dan  perhatian, babe gw pun mengerti semua kegalauan anaknya ini yang pengen banget kuliah. Babe gw pun menasihati gw,
“kita tu gag punya duit buat kuliah, tapi dengan semangatmu yang pengen kuliah  itu, bapak juga bingung. Tapi yakin aja dengan Allah, Allah pasti ngasih yang terbaik buat kita,yang penting kita usaha dan berdoa dengan sungguh-sungguh”, kata babe gw dengan bijaksanya
“iya,pak . kalau belum  punya duit nanti aku kerja dulu juga gag papa yang penting”,tekadku bulat.
Pada malam  hari ada seorang yang mengetuk pintu, tentu babe gw takut  siapa yang ngetuk-ngetuk pintu di malam hari gini,babe gw tau siapa itu dan gag kenal,orang asing itu ngetuk pintu sekali gag dibuka babe gw, ngetuk pintu dua kalipun gag dibukain dan saat ngetuk pintu yang ke tiga kali babe gw pun bukain pintu ke orang asing itu, dan bertanya ke orang asing itu kenapa bertamu ditengah malam hari,  dan orang itu ingin meminjam sepeda, karena rantai sepedanya putus dan orang itu minjta pinjaman sepeda. Babe gw tentu mikir-mikir kalau mau minjemin sepeda ke orang yang tidak kenal apalagi tengah malem gini, tapi di sisi lain babe gw mikir kalau gag dipinjemin kasiahan juga ni orang, dia mau pulang ke rumahnya harus jalan kaki dengan membawa sepeda nya yang rusak. Dengan keputusanb bijaknya babe gw akhirnya minjemin, orang asing itu berterima kasih banget ama babe gw, sepeda nya yang rusak ditinggal di rumah gw. Besok pagi dia akan ngembalikan sepeda babe gw, dan ngambil sepedanya yang rusak(mikirnya orang asing itu kalau benerin sepeda ditengah malam kan gag mungkin  karena mana ada bengkel yang mau benerin, nah kalau pagi pasti udah ada bengkel yang buka ). Di paginya orang itu ngembalikin sepeda babe gw.
Dari cerita diatas, babe gw kasih nasehat ke gw  kalau gw harus bisa ngambil hikmah dari itu, Babe gw aja yang gag kenal orang  asing itu ngasih pinjeman  sepeda yah walaupun sempat mikir-mikir. Disitu bisa samain sama masalah gw,  babe gw yang gag kenal ma tu orang aja ngasih pinjeman Apalagi kita hamba Allah yang dikenal Allah, kita pasti akan dikasih yang terbaik buat kita. Apalagi kita berdoa dengan sungguh-sungguh.
Dan gw percaya itu, Tuhan akan ngasih kita yang terbaik. Tuhan itu adil.
Singkat cerita gw lulus ujian dengan nilai baik, dan  Allah  ngejawab doa gw lewat perantara paman gw,yang mau biayain uang kuliah gw asal gw mau tinggal bareng keluarga paman gw yg  ada di jakarta. Sebenarnya sebelum ditawarin kuliah di jakarta gw nekat daftar kuliah di ui ma di uns(universitas sebelas maret) yang negri gitu,sebenarnya gw keterima di uns,tapi karena paman gw mau nyekolahin gw kalo gw tinggal di jakarta, so gw kuliah di deket rumah paman gw yaitu universitas gunadarma tercinta.. yeh dan harapan gw terkabul gag masalah kalo bukan negeri yang penting kuliah dan gw harus jadi orang yang berpendidikan dan sukses. Dan makasih buat orangtua gw,temen-temen, keluarga paman gw dan tentunya sama MY LORD GOD, ALLAH. Thanks for all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...