Senin, 25 Juni 2012

TULISAN : Manusia dengan cinta kasih


Manusia dengan cinta kasih
Cinta kata itu sering kita dengar dalam kehidupan kita, tapi sebenarnya apa sih artinya cinta tersebut?
Cinta merupakan  perasaan  yang ada pada seseorang  terhadap suatu  benda atau orang yang gag  mau kehilangan akan   hal itu. Sebenarnya arti cinta itu beragam  namun secara global bisa diartikan seperti itu. Kasih sendiri hampir mirip dengan cinta yaitu rasa sayang. Cinta memang beragam  mulai dari cinta terhadap keluarga, cinta terhadap pacar,  cinta terhadap suami/istri, cinta terhadap anak atau yang lain.
Yang sering kita lihat adalah cinta terhadap keluarga, karena keluarga adalah suatu ikatan resmi dan sangat penting dalam kehidupan. Tentu karena diwaktu kita sejak bayi  hingga kita dewasa keluarga terutama ibu dan ayah yang selalu menemani kita dengan dipenuhi cinta kasih mereka tanpa henti-hentinya. Ibu dan ayah takkan rela melihat anaknya sakit mereka  selalun melakukan upaya dan segala cara untuk ,melihat anak mereka sembuh.  Pengorbanan mereka memang sangat besar terhadap anak-anaknya.
Selain itu cinta kepada pacar yang sering kita temui di anak remaja dan orang dewasa yang belum menikah, di saat kita sudah mulai remaja kita akan merasakan cinta dari lawan jenis, walaupun cinta pada masa ini masih dianggap hanya cinta monyet atau cinta yang toidak serius, namun dalam kehidupan ada juga pasangan yang menikah dengan pacar cinta monyetnya dulu, yang bertahan  hingga  pelaminan. Cinta pada masa ini masih ababil, karena cinta pada masa ini memang belum serius. Sedangakan padausia dewasa cinta ini sudah mulai serius karena pola pikir mereka yang sudah matang dan sudah memikirkan masa depan  untuk mendapatkan keturunan.
Dalam ikatan pacaran memang tidak selalu berjalan mulus karena dalam ikatan ini sering ada pertengakaran; dari pertengakaran kecil hingga pertengkaran  yang  besar  yanga dapat membuat ikatan mereka putus, selain pertengakaran terdapat juga rasa galau yah memang kata itu lagi booming di kalangan anak muda, bermacam –macam  bentuk dari kegalauan, ada yang galau karena habis putus sama cowoknya, galau gara-gara punya selingkuhan, galau karena kebanyakan pacar, galau karena jomblo dan sebagainya deh.
Cinta memang sulit ditebak apalagi saat kita sudah pacaran bertahun-tahun dengan seseorang lalu putus, eh dapat suaminya orang yang baru kita pacari beberapa bulan,  ada yang menikah karena pilihan orang tau seperti pada jaman siti nurbaya(kalau sekarang sih sepertinya sudah jarang ditemukan) , ada juga yang  menikah sama teman dekatnya yang mungkin mereka tak menyangkanya, yah memang jodoh ditangan  Tuhan. Mungkin kita sudah pacaran dengan si a sudah lam atapi menikahnya malah dengan si b . tentu jodoh kita serahkan  pada Tuhan namun kita perlu usaha untuk mencarinya.
Saat menjalin cinta pun sering terjadi perselisihan, pertengkaran yang menyebabkan putusnya hubungan mereka, tapi itu semua tergantung pada kita yang menjalani hubungan itu karena dengan kedewasaa dalam menghadapi masalah, saling percaya, keyakinan , semua itu pasti dapat terlewati dan menambah kekutan cinta mereka.
Hubungan cinta memang tidak bisa di definisikan dengan mudah,cinta memang sedikit rumit dan komplek. Namun kita hidup pasti diwarnai dengan cinta,rindu, sayang, benci, dan perasaan lainnya.
Nah, diatas kita sudah membahas tentang cinta pada pacar, sekarang kita akan membahas cinta terhadap suami atau istri. Di dalam agama, khususnya agama islam, menikah itu di sunahkan dan sangat dianjurkan dengan ketentuan cukup umur dan mampu  melaksanakan syariatnya.
Pernikahan merupakan  jalan untuk mendapatkan keturunan,untuk melangsungkan kehidupan manusia. Pernikahan biasanya di dasari dengan rasa cinta, walaupun ada yang tidak ada rasa cinta tapi mereka melakukan pernikahan seperti misalnya dijodohkan, atau alasan lainnya.
Pernikahan tentu saja berbeda dengan  pacaran, dalam pernikahan sudah mempunyai ikatan resmi, tanggung jawab yang lebih besar,untuk membesarkan anak-anaknya,menghidupi keluarganya, sandang pangan, papan dan sebagain ya. Makanya untuk melanjutkan hubungan pacaran  ke jenjang pernikahan diperlukan kesiapan  seperti pekerjaan, umur yang cukup karena dalam  menjalani bahtera rumahtangga pastinya ada kerikil-kerikil kecil dalam rumah tangga sehingga diperlukan kedewaasaan dan kesabaran untuk menghadapi nya.
Dalam rumah tangga pasti terdapat masalah-masalah yang sering kita lihat dalam  kehidupan sekitar kita misalnya saja perceraian, dalam kasus ini yang menjadi korban tentu adalah anak-anaknya karena kedua orang tua mereka telah berpisah padahal dalam  membesarkan seorang anak mereka butuh kedua orang tua mereka, walaupun kadang mereka mempunyai orng tua tiri,tapi sayang ibu/ayah tiri tidak seperti cinta oarngtua kandung. Cinta memnag diperlukan dalam membesarkan anak. Karena dengan cinta anak tersabutb mengerti akan kasih sayang, .
 masalah perceraian dalam  pernikahan  terdapat juga perselingkuhan yang dapat menyulut perceraian,dalam menghadapi masalah pernikahan diperlukan rasa kepercayaan, kedewasaan, saling pengertian, kesabaran.
Selain cinta pada sesama tentu  kita menpunyai rasa cinta terhadap Tuhan, yang telah mencipatakan kita. Rasa syukur yang besar kepada Tuhan karena anugerah yang telah kita terima yang tidak habis-habisnya. Rasa syukur itu dapat kita wujudkan dengan sembahyang dengan teratur dalam agama islam seperti sholat, mengaji, sedekah. Dalam agama lain misalnya kristen dan katholik ke gereja,  hindhu ke pure, budha ke kuil, dan sebagainya.
Cinta kita pada Tuhan memang dapat diwujudkan dengan apa saja, dengan melakukan perintah Tuhan , dan menjauhi larangannya.
Walaupun banyak diantara kita yan g masih banyak yang tidak mernyadari betapa pentingnya menyemabah Tuhan, diantara kita masih banyak yang melanggar aturannya, menyepelekan-Nya. Kita harus ingat bahawa setelah hidup ini kita masih punya kehidupan yang kekal yaitu di akherat.
Itulah macam-macam cinta yang ada dalam kehidupan kita, kita memang penuh degan masalah, komplek dan rumit namun kita hidup butuh cinta. Karena cinta  memberi warna pada kehidupan kita. Cinta merupakan anugerah Tuhan yang terindah yang kita dapatkan, maka dari itulah nikmatilah cinta dan kehidupan ini. enjoy it and be happy for the future life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...