Selasa, 29 Mei 2012

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP
PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklarifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
·         Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
·         Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut
·         Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya
Pandangan hidup paada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan.
CITA-CITA
Cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum terpenuhi, maka cita-cita itu disebut angan-angan. Persyaratan dan kemampuan tidak/belum dipenuhi sehingga usaha usaha untuk mewujudkan cita-cita itu tidak mungkin dilakukan.
Faktor manusia yang mau mencapai cita-cita ditentukan oleh kualitasmanusianya. Ada orang yang tidak berkemauan, sehingga apa yang dicita-citakan hanya merupakan khayalan saja. Hal demikian banyak menimpa anak-anak muda yang memang senang berkhayal, tetapi sulit mencapai apa yang di cita-citakan karena kurang mengukur dengan kemampuannya sendiri.
Faktor kondisi yang mempengaruhitercapainya cita-cita, pada umumnya dapat disebut yang menguntungkan dan yang menghambat. Faktor yang menguntungkan merupakan kondisi yang memperlancar tercapainya suatu cita-cita, sedangkan faktor yang menghambat merupakan kondisi yang merintangi tercapainya suatu ciata-cita’
Faktor tingginya cita-cita yang merupakan faktor ketiga dalam mencapi cita-cita. Memang ada anjuran agar seseorang menggantungkan cita-citanya setinggi bintang di langit. Tetapi  bagaimana faktor manusianya, mampukah yang bersangkutan mencapainya, demikian juga faktor kondisinya memungkinkan hal itu.
KEBAJIKAN
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dn etika.
USAHA/PERJUANGAN
Usaha/perjuangan adalah kerja untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan. Perjuangan untuk hidup , dan ini sudah kodrat manusia. Tanpa usaha/perjuangan, manusia tidak dapat hidup sempurna. Apabila manusia bercita-cita menjadi kaya, ia harus kerja keras.
KEYAKINAN / KEPERCAYAAN
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidupberasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution ada tiga macam aliran yaitu:
1.      Aliran naturalisme
Hidup manusia dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekutan tertingi. Kekutan gaib itu dari natur, dan itu dari Tuhan. Tetapi bagi yang tidak percaya pada Tuhan, naatur itulah yan g tertinggi.
2.      Aliran intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika/akal. Manusia mengutamakan akal. Denganm akal manusia berpikir. Mana yang benar menurut akal itulah yang baik, walaupun bertentangan dengan  kekuatan hati nurani.
3.      Aliran gabungan
Dasar aliran ini adalah kekutan gaib dan juga akal. Kekuatan gaib artinyakekutan yang b erasal dari Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkan akal adalah dasar kebudayaan, yang menentukan benarnya tidaknya sesuatu. Segala sesuatu dinilai dengan akal, baik sebagai logika berpikir maupun sebagai rasa(hati nurani). Jadi, apa yang benar menurut logika berpikir juga dapat diterima oleh hati nurani.
LANGKAH-LANGKAH BERPANDANGAN HIDUP YANG BAIK
·         MENGENAL
Mengenal merupakan sutu kodrat bagi manusia yaitu merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam hal ini mengenal apa itu pandangan hidup. Tentunya kita yakin dan sadar bahwa setiap manusia itu pasti mempunyai pandangan hidup.
·         Mengerti
Dimaksudkan mengerti terhadap pandngan hidup itu sendiri. Karena dengan mengerti, ada kecenderungan mengikuti apa yang terdapat dalam pandangan hidup itu.
·         Menghayati
Dengan menghayati pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri.
·         Meyakini
Adanya sikap menerima secara ikhlas ini maka ada kecenderungan untuk selalu berpedoman kepadanya dalam segala tingkah laku dan tindak tanduknya selalu dipengaruhi oleh pandangan hidup yang diyakininya.
·         Mengamankan
Proses mengamankan ini merupakan langkah terakhir
Source : nugroho,widyo ; ilmu budaya dasar ;gunadarma, 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...