Selasa, 29 Mei 2012

Manusia dan cinta kasih



Manusia dan cinta kasih
Pengertian cinta kasih
Perasaan suka(sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belah kasihan.
cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan  manusia,sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupann perkawinan, pembentukan keluarga, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Cinta merupakan pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas.
Cinta menurut ajaran agama
Cinta diri
Cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. Al-qur`an telah mengungkapkan cinta alamiah manusia terhadap dirinya sendiri ini,kecenderungannya untuk menuntut segalasesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya.
Namun hendaknya cinta manusia pada dirinya tidaklah terlalu berlebih-lebihan dan melewati batas. Sepatutnya cinta pada diri sendiri ini diimbangi dengan cinta pada orang lain dan cinta berbuat kebaikan pada mereka.
Cinta kepada sesama manusia
            Allahmemberi pujian kepada orang-orang yang berusaha untuk tidak-tidak berlebih-lebihan dalam cinta kepada diri sendiri dan melepaskan diri dri gejala-gejala dengan melalui iman, menegakkan sholat memberikan zakat bersedekah kepada orang miskin, dan menjauhi larangan Allah.
Ciinta seksual
Dorongan seksual melakukan suatu fungsi penting yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis.dalam islam diserukan pengandalian dan penguasaan cinta ini, lewat pemenuhan dorongan terrsebut dengan cara yang sah, yaitu dengan perkawinan.
Cinta kepada Allah
Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupan nya dan menundukkan  semua bentuk kecintaan lainnya.
Kasih sayang
Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Kasih sayang, dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi antara anak dan oran g tua. Pada prinsipnya anak terlahir anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua. Suatu hubungan yang harmonis akan terjadi bila hal itu terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.
Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanmggung jawab, pengorbanan , kejujuran saling percaya , saling pengertian salling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.

Kemesraan
Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta.
Pemujaan
Pemujaan adlah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pemujaan kepada Tuhan adalah bagian hidup manusia, karena Tuhan pencipta semesta termasuk manusia itu sendiri. Dan penciptaan semesta untuk manusia.
Pemujaan-pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya. Hal ini berarti manusia mohon ampun atas segala dosanya, mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar di tunjukkan jalan yang benar, mohon ditambahkan segala kekurangan yang ada padanya, dan lain-lain.
Belas kasihan
Perbuatan atau sifat menaruh belas kasiahan adalah orang yang berakhlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasiahan. Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepad situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang , ada yang memberikan pakaian, makanan dan sebagainya. Dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsur pamrih. Belas kasihan yang kita tumpahkan benar-benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas. Kalau kita memberikan uang pada pengemis agar mendapatkan pujian,itu berarti ada tujuan tertentu. Hal seperti itu banyak terjadi dalam masyarakat.
Cinta kasih erotis
Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya  dan menerima pribadi orang lain (wanita ataupaun  pria dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya).
Pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada perbuatan kemauan, kedua-duanya benar, atau lebih tepat jika dikatakan bahwa hubungan pernikahan mudah saja dapat diputuskan apabila orang tidak bersukses di dalamnya, merupakan gagasan yang sama sekali keliru dengan gagasan bahwa hubungan semacam itu, di dalam keadaan bagaimanapun, tidak boleh diputuskan.
Source : nugroho,widyo ; ilmu budaya dasar ;gunadarma, 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...